STRATEGI PRODUCT-DRIVEN DAN MARKET-DRIVEN DALAM ERA DIGITAL: MEMBANGKITKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Authors

  • IRFAN ILMI Universitas Bhakti Asih, Tangerang Author

Keywords:

Kewirausahaan, Product-Driven, Market Driven, Digital Marketing

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya kewirausahaan dan pemasaran digital dalam era digital saat ini, dengan fokus pada bagaimana mahasiswa dapat memulai dan mengembangkan semangat berwirausaha mereka melalui pemanfaatan teknologi digital. Kewirausahaan didefinisikan sebagai proses kreatif dalam menciptakan nilai tambah melalui inovasi, efisiensi, dan efektivitas dalam pengelolaan sumber daya. Strategi product-driven dan market-driven dibahas sebagai cara untuk memulai bisnis, dengan penekanan pada kepuasan pelanggan dan pemanfaatan peluang pasar yang tinggi. Selain itu, artikel ini membahas keuntungan dari pemasaran digital, termasuk kemampuan untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan ekonomis. Pemanfaatan media online, seperti iklan online, SEO, email marketing, dan pemasaran melalui perangkat seluler, dianggap sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan keberhasilan bisnis. Dalam konteks mahasiswa, artikel ini menyoroti pentingnya membekali mereka dengan keterampilan kewirausahaan dan pemasaran digital sejak dini. Mahasiswa diharapkan mampu menggali peluang bisnis, mengembangkan inovasi, dan strategi pemasaran yang berkelanjutan, serta menjadi mandiri dalam usaha mereka. Dengan demikian, artikel ini menggarisbawahi peran penting generasi muda dalam perkembangan negara dan ekonomi melalui semangat berwirausaha dan pemasaran digital.

References

Bawono, I. R., & Setyadi, E. (2019). Optimalisasi potensi desa di Indonesia Universitas Gadjah Mada.

Carolyn Lukita. (2020). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Manajemen Laba Rill dengan Komisaris Independen sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Buana Akuntansi, 4(1), 119–126.

Dalimunte, R. P., Paramita, H., & Adilla, S. (2018). Tantangan komunikasi baru digital dan revolusi industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(1), 789–794.

Fageh, A. (2020). Potensi Akad Mudarabah dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia. Akademika, 14(01). https://doi.org/10.30736/adk.v14i01.188

Hisrich, R. D., & Peters, M. P. (1998). Entrepreneurship: Starting, Developing and Managing a New Venture.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework,. Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Khan, F., Operations, K. S.-J. of I. S. &, & 2013, undefined. (2014). The importance of digital marketing. an exploratory study to find the perception and effectiveness of digital marketing amongst the marketing professionals in. Researchgate.Net.

Kimura, O. N., & Masykur, A. M. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kewirausahaan Pada Mahasiswa UKM Research n Business Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 6(1), 322–326.

Loebis, E. H., Junaidi, L., & Susanti, I. (2017). Karakteristik Mutu dan Nilai Gizi Nasi Mocaf Dari Beras Analog. Biopropal Industri, 8(1), 33–46.

Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1–13.

Perdani, M. D. K. (2018). Widyawan, & Santoso, PI (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan startup di yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Rahardjo, D., Sumardjo, N., P. Lubis, D., & Harijati, S. (2016). Perilaku Akses Internet Mahasiswa Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Di Surakarta. Jurnal Teknodik, 1.

Rindrayani, S. R. (2016). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Akuntansi (SENMEA)Akuntansi (SENMEA), 259–269.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Telagawathi, N. L. W. S., Suci, N. M., & Heryanda, K. K. (2021). Implikasi Kewirausahaan Terhadap Digitalisasi Ekonomi dan Ekonomi Kemanusiaan UMKM Kerajinan Tenun di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 228–240.

Wahyuni, A., & Sukirno, S. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Asean (Studi Pada Bank Umum Indonesia, Thailand Dan Filipina). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(2).

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya PadaKeunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV. Universitas Pendidikan Indonesia, 327–337.

Zhu, Y. Q., & Chen, H. G. (2015). Social media and human need satisfaction: Implications for social media marketing. Business Horizons, 58(3), 335–345.

Zimmerer, T. W. (2008). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

STRATEGI PRODUCT-DRIVEN DAN MARKET-DRIVEN DALAM ERA DIGITAL: MEMBANGKITKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. (2024). Journal of Management and Business, 1(1), 8-15. https://ejournal.univbhaktiasih.ac.id/index.php/mass/article/view/1