Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformasi, Disiplin Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SD Swasta di Kecamatan Pamulang

Authors

  • Nunung Nurlina Universitas Pamulang Author
  • Lili Nurlaili Universitas Pamulang Author
  • Surasni Surasni Universitas Pamulang Author

DOI:

https://doi.org/10.65344/mass.v2i2.166

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Guru, Sekolah Berbasis Sektor Swasta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, disiplin kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Pamulang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang tidak hanya berfungsi sebagai manajer, tetapi juga sebagai figur yang inspiratif dan mampu memberikan motivasi, visi, dan arahan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Gaya kepemimpinan transformasional dinilai mampu membangkitkan semangat kerja, kreativitas, dan komitmen guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, disiplin kerja guru yang baik menjadi faktor penting dalam menjaga konsistensi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab secara profesional. Budaya organisasi yang kuat dan positif, seperti kolaborasi, komunikasi yang terbuka, dan nilai-nilai yang disepakati bersama, turut serta menciptakan lingkungan kerja yang mendukung peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan sejumlah guru dari berbagai sekolah dasar swasta di Kecamatan Pamulang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data dilakukan dengan teknik regresi berganda untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat, yaitu kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, disiplin kerja, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang baik secara parsial dan simultan. Temuan ini menegaskan bahwa kinerja guru tidak hanya dipengaruhi oleh keterampilan individu, tetapi juga oleh lingkungan kerja dan pola kepemimpinan yang diterapkan di sekolah. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penguatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan disiplin kerja, dan pembentukan budaya organisasi yang kondusif untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pemangku kepentingan pendidikan dalam merumuskan kebijakan peningkatan mutu sekolah berbasis swasta.

Author Biography

  • Nunung Nurlina, Universitas Pamulang

    Nunung Nurlina adalah pendidik pada jenjang Sekolah Dasar dengan fokus pada manajemen pendidikan, pengembangan pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru. Aktif melakukan penelitian di bidang kepemimpinan sekolah, budaya organisasi, dan kinerja guru. Saat ini bekerja di lingkungan pendidikan dasar dan terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan profesional pendidik.

References

Buku

Avolio, BJ, & Bass, BM (2021). Kepemimpinan Transformasional: Mengembangkan Kreativitas dan Perubahan Organisasi (edisi ke-2). Routledge.

Bush, T. (2021). Kepemimpinan dan manajemen dalam pendidikan: Teori, kebijakan, dan praktik . Sage.

Creswell, JW, & Creswell, D. (2021). Desain penelitian: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran (edisi ke-6). Sage.

Fadlin, F., & Musoli, M. (2024). Gaya kepemimpinan transformasional dalam peningkatan kinerja organisasi pendidikan . Yogyakarta: Deepublish.

Fullan, M. (2021). Makna baru perubahan pendidikan (edisi ke-6). Teachers College Press.

Goleman, D. (2023). Kepemimpinan yang optimal: Kecerdasan emosional di tempat kerja . HarperCollins.

Hoy, AW, & Hoy, WK (2022). Kepemimpinan instruksional: Panduan berbasis riset untuk pembelajaran di sekolah (edisi ke-2). Pearson.

Hoy, WK, & Miskel, CG (2022). Administrasi Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Praktik (edisi ke-12). McGraw-Hill.

Ivancevich, JM, Konopaske, R., & Matteson, MT (2021). Perilaku dan Manajemen Organisasi (edisi ke-12). McGraw-Hill.

Leithwood, K., & Sun, J. (2021). Kepemimpinan sekolah yang sukses: Perspektif internasional . Springer.

Luthans, F. (2022). Perilaku Organisasi: Pendekatan Berbasis Bukti (edisi ke-15). McGraw-Hill.

Mulyasa, E. (2023). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah . Rosdakarya Youth.

Muspawi, M. (2021). Kinerja guru: Konsep, teori, dan implementasi . Jakarta: Bumi Aksara.

Nurlaili, N., Dewi, N., & Dwiyono, Y. (2023). Kinerja guru dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor yang memengaruhinya . Jakarta: Penerbit Pendidikan Nusantara.

Owens, RG, & Valesky, TC (2022). Perilaku organisasi dalam pendidikan: Kepemimpinan dan reformasi sekolah (edisi ke-12). Pearson.

Robbins, SP, & Coulter, M. (2023). Manajemen (edisi ke-15). Pearson.

Robbins, SP, & Judge, TA (2021). Perilaku Organisasi (edisi ke-19). Pearson.

Schein, EH, & Schein, P. (2021). Budaya organisasi dan kepemimpinan (edisi ke-6). Wiley.

Sergiovanni, TJ (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Perspektif Praktik Reflektif (edisi ke-7). Pearson.

Suyadi, & Sutrisno. (2022). Pendidikan Kepemimpinan di era digital . Grup Prenadamedia.

Yukl, G., & Gardner, W. (2021). Kepemimpinan dalam organisasi (edisi ke-10). Pearson.

Jurnal / Penelitian

Bessie, SO, Djakaria, H., & Mustari, VH (2021). Budaya organisasi dan perilaku anggota dalam lingkungan kerja pendidikan . Makassar: Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Nena, MF, Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2021). Disiplin Kerja dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru . Jakarta: Penerbit Pendidikan Indonesia.

Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Kinerja dan prestasi guru dalam proses pembelajaran . Bandung: Alfabeta.

Rusmaladi, R., Harapan, E., & Tahrun, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Motivasi dan Kinerja Guru . Palembang: Sriwijaya University Press.

Peraturan Perundang-undangan

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter . Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Vokasi . Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Nurlina, N., Lili Nurlaili, & Surasni Surasni. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformasi, Disiplin Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SD Swasta di Kecamatan Pamulang. Journal of Management and Business, 2(2), 39-51. https://doi.org/10.65344/mass.v2i2.166