IDENTIFIKASI STATUS LITERASI ETIKA DIGITAL PADA CALON PELAKU UMKM
Keywords:
literasi, etika, digital, Cianjur, UMKMAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui status kompetensi etika digital calon pengelola UMKM di Cianjur, Jawa Barat. Sebayak 471 orang dilibatkan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi etika digital calon pengelola UMKM. Metode penelitian dilakukan dengan survey melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form. Hipotesis yang diuji adalah calon pengelola UMKM mempunyai kompetensi etika digital. Dalam penelitian ini disiapkan empat variable. Respons yang diperoleh diolah dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling. Data yang digunakan telah dibuktikan valid dan riabel. Dari analisis jalur yang dilakukan terhadap data menunjukkan bahwa hipotesis tidak terbukti yakni calon pengelola UMKM di Cianjur belum mempunyai kompetensi etika digital. Berdasarkan hasil penelitian ini maka direkomendasikan agar dikembangkan program peningkatan kompetensi etika digital bagi calon pengelola UMKM di Cianjur.
References
Abdul Latip 2020. Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116.
https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Alinurdina, A. 2019. Etika Penggunaan Internet (Digital Etiquette) di Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 123.
https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p123-142
Center For Digital Society (CFDS). 2021. Literasi Digital Sebagai Kompetensi Dasar Untuk Kehidupan Pasca Pandemi. 1–16.
EPTIK, 2019. Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta. STIMIK Nusa Mandiri.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haile G, A. M. and E. A. 2023. Manajemen Pelayanan Mutu di Rumah Sakit di bawah Kementerian Kesehatan Masyarakat. Jurnal Akademik Universitas Asia Timur, 4(1), 88–100.
Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, & Ronald L. Tatham. 2014. Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Education.
Hyangsewu, P., Islamy, M. R. F., Parhan, M., & Nugraha, R. H. 2021. Efek Penggunaan Gadget terhadap Social Behavior Mahasiswa dalam Dimensi Globalisasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 127–136.
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39156
Imamudin, & Syabaruddin, A. 2022. Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942–950.
Indra Astuti, S., Nugrahaeni Prananingrum, E., Ratri Rahmiaji, L., Nurhajati, L., H Lotulung, L. J., & Kurnia, N. 2021. Bermedia Digital.
Kaluba Margret. 2012. Itu adalah label harga. European University Institute, 2, 2–5. https://eurlex.europa.eu/legal
Kominfo, (2021), Pers Release No. 16/HM/KOMINFO/01/2021, The Development of the four pillars of digital literacy (Tentang Kembangkan Empat Pilar Literasi untuk Percepatan Transformasi Digital) (Sunday, January 17th 2021)
https://www.kominfo.go.id/content/detail/32131/siaran-pers no16hmkominfo012021-tentang-kembangkan-empat-pilar-literasidalam-transformasi digital/0/siaran_pers
Kompas. 2020. Indonesia pada tahun 2035 memerlukan 9 juta talenta digital. Kompas.Com. https://pemilu.kompas.com/read/2020/11/18/11220037/jokowi-indonesia-butuh-lebih banyak-software-engineer-dan-kreator-konten
M.T, R., Yusran, Y., & Maulidia, C. A. 2022. Analisis Pemahaman Literasi Digital Pada Mahasiswa Uin Arraniry Terhadap Digital Skill Dan Digital Safety. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 142.
https://doi.org/10.22373/cj.v6i2.15433
Makiyah, Y. S., Nana, N., & Mahmudah, I. R. 2020. Korelasi antara kompetensi digital dan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 85.
https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17798
Mashuri, C., Permadi, G. S., & Vitadiar, T. Z. dkk. 2022. Buku Ajar: Literasi Digital.
Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Irwanto, Kraugusteeliana, Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sugena, U., Nurhayati, S., Indriana, I. H., & Putri, M. S. 2023. Literasi Media Digital (Vol. 01).
Muhamad Arief Maulana, 2019. Perilaku Off Task Dalam Pembelajaran. Advice Jurnal Bimbingan dan Konseling 1(1):30.
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.287
Munir, D., & Himpong, M. D. 2020. Dampak Gadget Dalam Memotivasi Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fisip Unsrat. Acta Diurna, 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27151
Pramana, S. 2020. Peningkatan Literasi Data Menuju Indonesia 4.0. Empowerment in the Community, 1(1), https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.369
Rahmawati Z, 2020. Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam (2020) 3(1) 97-113. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910.
Retno Dewi Prisusanti, Budi Mardikawati, Loso Judijanto, Arsyil Majid, D., & Haridah Saputra, M. 2023. Analisis Kompetensi Penggunaan E-Learning, Kesiapan dan Penggunaan Teknologi Digital Mahasiswa. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 1(2), 93–101.
https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20240.
Rizki, A., Rangga, A. H., Indriani, R., & Dkk. 2021. Status Literasi Digital di Indonesia RingkasanEksekutif. Indeks Literasi Digital Indonesia, 1–73.
https://katadata.co.id/StatusLiterasiDigital
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. 2018. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25.
https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36.
Setyawan, A. R. Y. A. R. J. A. 2022. Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Educurio, 1, 204–208.
https://qjurnal.my.id/index.php/educurio
Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. Oktavianti. 2023. Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59.
https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparni, S. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan BahanAjar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 40–58.
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716.
Syahudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan, 2(1), 273–282.
Workbook-, L. LEARNER WORKBOOK- Digital Competencies Digital competence is the ability to keep abreast with the rapid changes in ICT . It. 1–16.
World Bank, 2021. Digital Skills: Frameworks and Programs. Washington DC. The World BankYanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. 2021. Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 59–71.
https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391
Yoram Eshet-Alkalai, 2012. Thinking in the Digital Era: A Revised Model for Digital Literacy. Issues n Informing Science and Information Technology 9:267-276. https://doi.org/:10.28945/1621