PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN BIAYA KULIAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA BARU MEMILIH INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI SWASTA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN)
Keywords:
Promosi Online, Biaya Kuliah, Pengambilan KeputusanAbstract
Pendidikan memiliki peran sentral dalam pembangunan bangsa karena melalui pendidikan akan tercipta sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter. Oleh karena itu, Pendidikan menjadi sektor yang paling penting untuk diperhatikan oleh seluruh instrument pemerintah dalam pembangunan. Artikel Literatur Review Pengaruh Promosi Online dan Biaya Kuliah Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Institusi Pendidikan Tinggi Swasta ini adalah artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup Manajemen Pemasaran. Metode penulisan artikel Literatur Review ini adalah dengan metode library research, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar dan media online akademik lainnya. Hasil artikel Literatur Review ini menunjukkan bahwa promosi online dan biaya kuliah berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih Pendidikan institusi Pendidikan tinggi swasta.
References
Auliya, A. (2016). Biaya Kuliah, Promosi, Dan Persepsi Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Jurnal Pesona, 9(1).
Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta).
Djati, S. P. & Darmawan, D. (2004). Pengaruh Kesan Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan mahasiswa PTS terhadap Minat Mereferensi Kampusnya, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 190-204.
Desy, E. (2016). Pengaruh brand image, lokasi dan fasilitas terhadap Keputusan mahasiswa memilih universitas pancabudi (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi). Jurnal Ilmiah “DUNIA ILMU”, 2(1).
Handayani, S., Izwana, R. dan Ulfa, Z. (2024). Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen (JEKMa). Stain Bengkalis.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 13th ed. New Jersey: Pearson Education, 2016.
Kotler, P & Amstrong, G. (2006). The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Langouet, G. & A. Leger. (2000). Public and private schooling in France: an investigation into family choice. Journal of Education Policy, 15(1), 41-49.
Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta
Maniu, I., & Maniu, G.C. (2014). Educational Marketing: Factors Influencing the Selection of a University. SEA: Practical Application of Science, 2(3), 37-41.
Masnawati, E. dan Darmawan, D. (2023). Pengaruh Lokasi, Akreditasi dan Biaya Kuliah terhadap Niat Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya. Journal on Education, 06(01). Bangkalan
Pirendra, A. (2017). Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Bukalapak.Com (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Jurnal Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Supriadi, D. (2006). Satuan Biaya Pendidikan Dasar Dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusriadi.2019. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Kuliah Di Stie Yang Ada Di Kota Pekanbaru, Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Pekanbaru.