TINJAUAN LITERATURE : MOBILE LEARNING MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA KEPERAWATAN
Keywords:
mobile learning , Self Efficacy, Nursing EducationAbstract
Era modern saat ini 4.0 pembelajaran dalam keperawatan berbasis Mobile Learning menggunakan ponsel smartphone telah banyak diterapkan terutama untuk latihan keterampilan keperawatan dan disukai siswa keperawatan yang keuntungannya, seperti pembelajaran dapat dilakukan sesuai keinginan tanpa batasan waktu dan ruang, akses informasi yang cepat dan akurat serta terba ru. Smarthphone menjadi bagian dalam kehidupan dan pendidikan, namun di indonesia belum banyak kesadaran individu dalam pemanfaatannya yang mana bila di gunakan secara benar mampu meningkatkan Self Efficacy dalam keterampilan keperawatan. Perawat dengan efikasi diri yang rendah tidak akan mengambil suatu tindakan yang seharusnya diperlukan untuk pasien mereka. Maka dari itu, tujuan penulisan Literatur Review ini untuk melihat dari beberapa jurnal terkait penggunaan Smarthphone terhadap peningkatan Self Efficacy perawat pada keterampilan keperawatan. Studi Literatur ini dibuat dengan melakukan analisis terhadap artikel ilmiah yang dipublikasikan dari tahun 2016 sampai 2024 dan berbahasa inggris. Data didapat dari database meliputi Google Scholar, PubMed dan Ebscohost dengan kata kunci Mobile Learning, Nursing Education dan Self Efficacy. Hasil studi literatur didapatkan 5 artikel yang sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil telaah jurnal didapatkan bahwa penggunaan smartphone dalam Mobile Learning pada siswa keperawatan dapat meningkatkan Self Efficacy pada keterampilan keperawatan. Sehingga diperlukan kesadaran pada perawat untuk menggunakan Smartphone sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi diri pada keterampilan keperawatan
References
Bukiran, A., Erdur, B., Ozen, M., & Bozkurt, A. I. (2014). Retention of nurses’ knowledge after basic life support and advanced cardiac life support training at immediate, 6- month, and 12-month post-training intervals: A longitudinal study of nurses in Turkey. Journal of Emergency Nursing, 40(2), 146–152. https://doi.org/10.1016/j.jen.2012.08.011
Kim, H., & Suh, E. E. (2018). The Effects of an Interactive Nursing Skills Mobile Application on Nursing Students’ Knowledge, Self-efficacy, and Skills Performance: A Randomized Controlled Trial. Asian Nursing Research, 12(1), 17–25. https://doi.org/10.1016/j.anr.2018.01.001
Koohestani, H. R., Soltani Arabshahi, S. K., Fata, L., & Ahmadi, F. (2018). The educational effects of mobile learning on students of medical sciences: A systematic review in experimental studies. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 6(2), 58–69.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29607333%0Ahttp://www.pubmedcentral.ni h.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5856906
Padilha, J. M., Machado, P. P., Ribeiro, A. L., & Ramos, J. L. (2018). Clinical Virtual Simulation in Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 15, 13–18.
https://doi.org/10.1016/j.ecns.2017.09.005
Ponce, L., Juanes-Méndez, J. A., García-Peñalvo, F. J., & Pereira, A. (2016). Effects of Mobile Learning in Medical Education: A Counterfactual Evaluation. Journal of Medical Systems, 40(6).
https://doi.org/10.1007/s10916-016-0487-4
Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2017). InfoDATIN Situasi Tenaga Perawat Indonesia (pp. 1–12).
Tirado, F. (2016). Retention of Cardiopulmonary Resuscitation Knowledge and Psychomotor Skill Among Undergraduate Nursing Students : An Integrative Review of Literature.
Wulandari, I. R. (2015). Evaluasi Mobile Learning Berdasarkan Aspek Kesiapan Pengguna Dalam Proses Pembelajaran. 2, 978–979.
Yunanto, R. A., Wihastuti, T. A., & Rachmawati, S. D. (2017). Perbandingan Pelatihan Rjp Dengan Mobile Application Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Melakukan Rjp. NurseLine Journal, 2(2), 183–193.