Peningkatan Kompetensi Perawat terhadap Budaya Keselamatan Pasien melalui Seminar Berbasis Kasus untuk Perawat Di RS Medika Lestari
DOI:
https://doi.org/10.65344/comers.v2i2.135Keywords:
patient safety, safety culture, nursing training, nurseAbstract
Budaya keselamatan pasien merupakan elemen penting dalam sistem pelayanan kesehatan yang berfokus pada pencegahan insiden dan peningkatan mutu pelayanan. Perawat sebagai tenaga kesehatan yang berada di garis depan memiliki peran strategis dalam menerapkan prinsip keselamatan pasien. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi perawat dalam memahami dan menerapkan budaya keselamatan pasien melalui pelatihan berbentuk seminar. Kegiatan dilaksanakan di RS Medika Lestari, Ciledug–Tangerang, dengan jumlah peserta sebanyak 11 perawat dari berbagai unit pelayanan seperti IGD, ICU, poliklinik, dan ruang rawat inap. Metode pelaksanaan terdiri dari lima tahapan, yaitu identifikasi masalah, persiapan kegiatan, penyusunan materi, pelaksanaan seminar, serta evaluasi. Materi yang diberikan mencakup konsep dasar budaya keselamatan pasien, prosedur identifikasi pasien, komunikasi SBAR, serta pengenalan obat-obatan berisiko tinggi (LASA). Proses seminar dilengkapi dengan diskusi interaktif, demonstrasi, studi kasus, dan evaluasi pre-test dan post-test guna mengukur peningkatan pengetahuan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan berjalan sesuai rencana dan mendapatkan respon positif dari peserta. Skor rata-rata pre-test sebesar 76 meningkat menjadi 90 pada post-test, menandakan peningkatan pemahaman dan kompetensi yang signifikan. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif selama proses pelatihan berlangsung. Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pendidikan dan pelatihan keselamatan pasien dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan perawat dalam mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Kegiatan ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan dan dukungan dari manajemen rumah sakit agar budaya keselamatan menjadi bagian integral dalam praktik keperawatan sehari-hari untuk meningkatkan mutu dan keamanan layanan kesehatan.
References
Agustina, F. U., Handiyani, H., & Afriani, T. (2022). Determinants of Nurses’ Safety Attitudes in a Hospital Setting. Jurnal Keperawatan Indonesia, 25(2), 63–73. doi:https://doi.org/10.7454/jki.v25i2.846
Amiri, M., Khademian, Z., & Nikandish, R. (2018). The effect of nurse empowerment educational program on patient safety culture: a randomized controlled trial. BMC Medical Education, 18(158). doi:https://doi.org/10.1186/s12909-018-1255-6
Ghezeljeh, T. N., Beiram, Z. S., & Omrani, S. (2022). Effectiveness of Online Patient Safety Education on the Competency of Nurses in Intensive Care Units: A Quasi-experimental Study. Iran Journal of Nursing, 35(136). doi:http://dx.doi.org/10.32598/ijn.35.2.2769
Huh, A., & Shin, J. H. (2021). Person-centered care practice, patient safety competence, and patient safety nursing activities of nurses working in geriatric hospitals. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10), 5169. doi:https://doi.org/10.3390/ijerph18105169
Kim, J. H., Lee, J. L., & Kim, E. M. (2020). Patient safety culture and handoff evaluation of nurses in small and medium-sized hospitals. Int J Nurs Sci, 16;8(1), 58-64. doi:doi: 10.1016/j.ijnss.2020.12.007.
Kim, N.-Y., & Kwak, S.-J. (2024). Relationship between nurses’ critical thinking disposition and patient safety incident reporting: The mediating role of patient safety culture in a comprehensive nursing service ward. PloS One, 19(12). doi:https://doi.org/10.1371/journal.pone.0315679
Li, H., Zhao, W., Li, B., & Li, Y. (2023). Effects of the small private online course combined with simulation-based training in a patient safety education program among nursing students: A quasi-experimental study. International Journal of Nursing Sciences, 10(4). doi:https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2023.09.014
Prasetyo, Y. D. (2024). Pengaruh Kompetensi Keselamatan Pasien terhadap Aktivitas Keselamatan Pasien dan Penilaian Kinerja Perawat. Journal of Telenursing (JOTING), 2570-2579. doi:https://doi.org/10.31539/joting.v6i2.12633
Seung Eun Lee, V. S.-K. (2023). Patient Safety Culture and Speaking Up Among Health Care Workers. Asian Nursing Research, 17(1), 30-36. doi:https://doi.org/10.1016/j.anr.2023.01.001.
Suganda, T., Hariyati, R. T., Handiyani, H., Rahman, L. O., & Afriani, T. (2021). Hubungan Karakteristik Perawat dan Safety Attitude di Rumah Sakit Jakarta. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 2, 167-176. doi:10.32584/jkmk.v4i2.1215
Suryani, L., Letchmi, S., & Said, F. B. (2024). The impact of nurse empowerment program on patient safety culture in general public hospital in Indonesia. Journal of Patient Safety and Risk Management, 29(4). doi:https://doi.org/10.1177/25160435241244664
Wijaya, M. I., Pratiwi, A. E., Pradnyawati, L. G., Kartinawati, K., Juwita, D. A., & Prabandari, A. A. (2024). Budaya Keselamatan Pasien terhadap Kompetensi Keselamatan Pasien pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Payangan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(1), 8-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 license.



