Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang

Authors

  • Fikri Darmansyah SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Author
  • Silviana Putri Ayu Universitas Bina Sarana Informatika Author
  • Abdul Haris Universitas Bhakti Asih Tangerang Author

Keywords:

Pendidikan Menengah Kejuruan, Desain Grafis Percetakan, Teams Games Toutnament (TGT), SMK Muhammadiyah 2 Tangerang

Abstract

Pendidikan menengah kejuruan memiliki peran yang penting dalam membangun tenaga kerja yang kompeten dan siap terserap sesuai kebutuhan dunia industri. Salah satu bidang keahlian yang berkembang pesat seiring dengan kemajuan industri kreatif adalah desain grafis percetakan. Namun, dalam praktiknya proses pembelajaran pada bidang ini masih mengalami hambatan, seperti rendahnya partisipasi peserta didik dan hasil belajar yang belum optimal. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) hadir sebagai salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Model ini menggabungkan unsur kerja sama tim dan permainan edukatif dalam suasana yang kompetitif namun menyenangkan. Penerapan strategi ini menunjukkan potensi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna, serta berdampak positif terhadap pencapaian akademik peserta didik. Oleh karena itu, TGT dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran aktif dalam mengembangkan kompetensi peserta didik, khususnya dalam bidang desain grafis percetakan di lingkungan pendidikan vokasional SMK Muhammadiyah 2 Tangerang.

References

Anwar, Khairul, dan Afidah Rozi Anti. 2023. “Pengelolaan Dan Pengembangan Bisnis Percetakan Pada Rumahgrafika Pekalongan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.” Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis 6(2): 81–90.

Efronia, Yulia, Teknologi Kejuruan, dan Universitas Negeri Padang. 2022. “Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan Bidang.” 27(1): 20–26.

Hamzah, Ashari Rahma et al. 2023. Strategi Pembelajaran Abad 21.

Hanyfah, Siti, Gilang Ryan Fernandes, dan Iwan Budiarso. 2022. “Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash.” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) 6(1): 339–44.

Hazni, Fitriah Hayati, dan Yeni Mutiawati. 2023. “Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 4(1): 1–10.

Hunowu. 2019. “Sosialisasi Internet Sehat, Cerdas, Kreatif Dan Produktif Pada Masyarakat Kalijaga Baru.” Valid Jurnal Pengabdian 1(3): 1–10.

Ksanjaya, Reynaldi, dan Ega Trisna Rahayu. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” 4: 6094–99.

Mahardi, I Putu Yogik Suwara, I Nyoman Murda, dan I Gede Astawan. 2019. “Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 2(2): 98.

Mertayasa, I Wayan. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V.” Journal of Education Action Research 6(1): 48.

Rony Zulfirman. 2022. “Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di MAN 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 3(2): 147–53.

Salsabila, Nela Avrilia et al. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa ( Studi Kegiatan Praktik Pengenalan Lingkungan Persekolahan Di SMAN 6 Pandeglang ).”

Santina, R O, F Hayati, dan R Oktariana. 2021. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa … 2(1): 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf.

Siti Romdona, Silvia Senja Junita, Ahmad Gunawan. 2025. “Teknik Pengumpulan Data.” 3(1): 39–47.

Surabaya, Universitas Negeri, Employability Skills, Industri Kreatif, dan Keterampilan Teknis. 2024. “Dampak Keterampilan Teknis Pada Employability Skills Siswa Di Era Industri Kreatif.” : 1215–23.

Susanto, Dedi, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1(1): 53–61.

Published

2025-05-31

How to Cite

Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang. (2025). Journal of Management and Business, 2(1), 53-63. https://ejournal.univbhaktiasih.ac.id/index.php/mass/article/view/101