Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Indonesia
Literatur Review
Keywords:
Pelayanan, Keperawatan, Rawat Inap, Kepuasan PasienAbstract
Pelayanan keperawatan merupakan penampilan/kinerja yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan keperawatan yang di satu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta dipihak lain dan tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar kode etik profesi yang telah ditetapkan, sedangkan kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan keperawatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah menggali tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di unit rawat inap di sebuah rumah sakit di Indonesia. Metode yang digunakan dalam jenis penelitian ini adalah literatur review, dengan menganalisis pada jurnal, dan tesis yang berkaitan dengan pelayanan dengan kepuasan pasien. Hasil artikel literatur review ini adalah dari 11 artikel atau jurnal dan 1 tesis yang dianalisis, terdapat beberapa indikator pelayanan keperawatan yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Indonesia.
References
ANJARYAN, W. D. KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN PERAWAT DI RSUD TUGUREJO SEMARANG. KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN PERAWAT DI RSUD TUGUREJO SEMARANG.
Hetti Marlina Pakpahan, G. S. (2022April). 14HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATANDENGANKEPUASAN PASIENRAWAT INAP DI RSIA STELLA MARIS MEDANHetti Marlina Pakpahan1)Ganda Sigalingging2)Riaty Simbolon3)HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATANDENGANKEPUASAN PASIENRAWAT INAP DI RSIA STELLA MARIS MEDAN.
Ira Faridasari, L. H. (2021). HUBUNGAN ANTARA CARING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN. HUBUNGAN ANTARA CARING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN.
Junita Butar-butar, R. H. (1, September 2016). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PANDAN KABUPATEN.
Librianty, N. (2019). HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DIRSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2019. HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DIRSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2019.
Marlindawati, H. A. (01, Maret 2023). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR. HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSD dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO TANJUNG SELOR.
Merryani E. Oroh, S. R. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG INTERNA RSUD NOONGAN. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG INTERNA RSUD NOONGAN.
Nurhasma, A. S. (2, Nopember 2021). HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUP DR. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR . HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUP DR. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR.
Olga Jadha Casmira, E. S. (Agustus, 2022). Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Dipengaruhi Oleh Mutu Pelayanan Keperawatan. Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Dipengaruhi Oleh Mutu Pelayanan Keperawatan.
Omy Oini, R. K. (2, Juli 2017). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN.
Ratnasari, I. (2017). KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. H. SOEWONDO KENDAL. KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. H. SOEWONDO KENDAL.
Vera Sesrianty, R. M. (24 Desember 2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan.