Pengaplikasian Teori Orem (Self Care) pada Anak Usia Sekolah dengan Penyakit Kronis dalam Meningkatkan Kualitas Perawatan dan Kesehatan Anak: Systematic Literature Review

Authors

  • Tiffatul Jannah Firdausya Universitas Bhakti Asih Tangerang Author
  • Djahra Warda Sopaliu STIKES Maluku Husada Author
  • Farras Hanin Lubna Widanti Universitas Gadjah Mada Author
  • Fitri Annisa Universitas Bhakti Asih Tangerang Author
  • Syahrifah Aima Universitas Bhakti Asih Tangerang Author
  • Shierly Ramadhani Universitas Bhakti Asih Tangerang Author
  • Diyah Putri Latifa Universitas Bhakti Asih Tangerang Author

DOI:

https://doi.org/10.65344/micare.v2i2.173

Keywords:

anak sekolah, orem’s theory, penyakit kronis, self-care theory

Abstract

Penyakit kronis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan ketidakmampuan pada pengidapnya, sifatnya menetap, serta diperlukan perawatan jangka panjang untuk dapat disembuhkan. Teori praktik keperawatan terkenal Orem menekankan pentingnya interaksi manusia dengan lingkungannya dan self-care, yaitu kemampuan individu untuk merawat dirinya sendiri, dianggap penting. Konstruksi self-care belum sepenuhnya dipahami, namun praktik self-care yang efektif dapat membantu meningkatkan hasil kesehatan pasien dan kontribusi perawat pada perkembangan manusia. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaplikasian teori orem pada anak usia sekolah dengan penyakit kronis dalam meningkatkan kualitas perawatan dan kesehatan anak. Literature review dilakukan untuk menyintesis tentang pengaplikasian teori orem (self-care) pada anak usia sekolah dengan penyakit kronis dalam meningkatkan kualitas perawatan dan kesehatan anak. Proses pencarian artikel ditargetkan untuk mengumpulkan artikel yang sesuai populasi, intervensi, dan outcome. Pencarian dilakukan melalui database PubMed, ScienceDirect, Scopus diterbitkan antara tahun 2018-2023. Proses seleksi dilakukan dengan Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA). Penilaian kualitas artikel menggunakan The Joanna Briggs Institute (JBI) checklist. Berdasarkan dari hasil penjaringan didapatkan tiga artikel yang dipilih untuk telaah ini, ditemukan pengaplikasian Orem’s Self-care Theory pada anak usia sekolah dengan penyakit kronis yang paling umum adalah Nursing System Theory. Dari hasil sintesis ketiga artikel ditemukan bahwa dalam penerapan teori ini memberikan perubahan dalam kemampuan perawatan diri anak dengan penyakit kronis. Berbagai macam aplikasi yang disintesis dari artikel mengenai penerapan teori orem (self-care) terbukti dapat meningkatkan kualitas perawatan pada anak dengan penyakit kronis.

 

References

Aligood MR. Nursing Theorists and Their Work. 8th ed. (Aligood MR, ed.). Elsevier; 2014.

Khazaei F, Razaghi N, Behnam Vashani H. Effectiveness of a Support-Training Program based on the Orem’s Self-Care Deficit Theory on the Quality of Life of Children Undergoing Hemodialysis. Evid Based Care. 2021;11(1):7-15. doi:10.22038/EBCJ.2021.53217.2405

Muhlisin A, Irdawati. Teori self care dari Orem dan pendekatan dalam praktek keperawatn. Ber Ilmu Keperawatan. 2010;2(2):97-100. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2044/BIK_Vol_2_No_2_9_Abi_Muhlisin.pdf?sequence=1

Bender M, Feldman MS. A Practice Theory Approach to Understanding the Interdependency of Nursing Practice and the Environment: Implications for Nurse-Led Care Delivery Models. Adv Nurs Sci. 2015;38(2):96-109. doi:10.1097/ANS.0000000000000068

Alligood MR, Tomey AM. Nursing Theory and their work. cv MosbyCompany St Louis Toronto, Missouri. Published online 2014.

Tang Y, Chen Y, Li Y. Effect of Orem ’ s Self-Care Theory Combined with Active Pain Assessment on Pain , Stress and Psychological State of Children with Nephroblastoma Surgery. 2022;9(May):1-7. doi:10.3389/fsurg.2022.904051

Carolina C, Mendes C, Fontes B, et al. Applicability of Orem : training of caregiver of infant with Robin Sequence. 2018;71(suppl 3):1469-1473.

Adriana L, Amín H, Nursing T, Sucre U De, Martinez-royert JC. Nursing Support Systems Provided to Children in the Pediatric Service in a Hospital in Sucre-Colombia. 2021;25(7):860-884.

Awad LA, Elsayed F, Elghadban E, El-adham NA. Effect of an Intervention Program on Improving Knowledge and Self-Care Practices for Diabetic School-age Children. 2019;7(2):199-207. doi:10.12691/ajnr-7-2-12

Lawless MT, Tieu M, Feo R, Kitson AL. Social Science & Medicine Theories of self-care and self-management of long-term conditions by community-dwelling older adults : A systematic review and. Soc Sci Med. 2021;287(July):114393. doi:10.1016/j.socscimed.2021.114393

Mersal FA, El-awady S. Evaluation of bronchial asthma educational package on asthma self - management among school age children based on Orem ’ s self - care model in Zagazig city. 2018;7(1):8-16. doi:10.14419/ijans.v7i1.8648

Valizadeh L, Zamanzadeh V, Ghahremanian A, Musavi S, Akbarbegloo M, Chou FY. Experience of Adolescent Survivors of Childhood Cancer about Self-Care Needs: A Content Analysis. Asia-Pacific J Oncol Nurs. 2020;7(1):72-80. doi:10.4103/apjon.apjon_47_19

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Tiffatul Jannah Firdausya, Djahra Warda Sopaliu, Farras Hanin Lubna Widanti, Fitri Annisa, Syahrifah Aima, Shierly Ramadhani, & Diyah Putri Latifa. (2025). Pengaplikasian Teori Orem (Self Care) pada Anak Usia Sekolah dengan Penyakit Kronis dalam Meningkatkan Kualitas Perawatan dan Kesehatan Anak: Systematic Literature Review. Midwife Care Journal, 2(2), 42-52. https://doi.org/10.65344/micare.v2i2.173