KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS X KABUPATEN TANGERANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Kualitas pelayanan terdiri atas beberapa dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor salah satunya adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan terhadap kepuasan akan berdampak pada citra sebuah Puskesmas. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas X dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel accidental berjumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nila t hitung 10,362 > t table 0,679 dan nilai sig 0,019 < 0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak Puskesmas lebih memperbaiki lagi kualitas pelayanan kepada pasien, keluarga pasien, dan pengunjung lain.
References
Antina, R. R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2), 567–576. https://core.ac.uk/download/pdf/293642482.pdf
Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur (Vol. 5, Issue 2). https://core.ac.uk/download/pdf/288205977.pdf
Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi (Vol. 5, Issue 2).
https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956
Nababan, C. M., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 4(2), 6–16. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i2.10565
Permenkes RI No. 43 Tahun 2019. (n.d.). Perpustakaan Kemenkes RI. Retrieved October 19, 2024, from https://drive.usercontent.google.com/download?id=1LmLRpULqiEMBYjoDJD9_BqAV7t NUypLX&export=download&authuser=0
Radito, T. A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11753
Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2442–2469. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i05.p05
Sari, I. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara , 7(1), 194–207.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3431
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit , 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122
Surasdiman, G., & Kadir, I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. In YUME: Journal of Management (Vol.2, Issue 1).
https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.360
Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestari, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pasien Rawat Jalan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Pendidikan Brigade Mobile Watukosek). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.429